Sabtu, 29 September 2012

Sehari Agya Dipesan Hampir 500 Unit

Jakarta, KompasOtomotif — Tampilnya si kembar Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla memang menjadi magnet bagi pengunjung IIMS ke-20 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara. Di luar dugaan lagi, mobil hasil program LCGC ini sudah mendapat pesanan nyaris 500 unit per hari.
"Dari laporan yang masuk, untuk pesanan hari Minggu (24/9/2012) saja, total semua model mencapai 700 unit. Dari jumlah itu, 70 persennya Agya," ujar sumber dari Toyota yang namanya tak ingin disebutkan kepada KompasOtomotif, kemarin (25/9/2012).
Bahkan, konsumen rela merogoh kocek sekitar Rp 1 juta-Rp 5 juta sebagai persyaratan tanda pesanan. Ketika coba dikonfirmasikan, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto masih bungkam dan memilih mengalihkan topik pembicaraan.
"Agya itu belum dijual. Kalaupun ada yang inden, itu kerjaan dealer. Satu hal yang pasti, semua pesanan wajib mengeluarkan Rp 5 juta supaya menghindari aksi spekulan," beber Joko. Ia menilai, meski animo positif dari konsumen sudah terlihat, jumlah penjualan LCGC tidak akan bisa melampaui low-MPV 7-penumpang yang masih menjadi favorit masyarakat.
Masih menurut Joko, "Sekarang belum tercipta pasar segmen A entry level (low-city car) yang diisi LCGC. Kalau melihat data Gaikindo, segmen city car seperti Picanto, March, dan Brio per Agustus (2012) cuma 24.000-an unit, atau 3,4 persen dari total pasar. Ini masih kecil kalau dibandingkan MPV," beber Joko.
Meski demikian, Joko tidak bisa mengelak kalau TAM juga sebenarnya ingin Agya segera diluncurkan ke pasar. Namun sayang, sampai hari ini regulasi LCGC yang dicanangkan pemerintah tidak kunjung keluar.

sumber: kompas.com

Agya dan Ayla Diserbu Pengunjung IIMS 2012

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil yang paling banyak mendapat perhatian pengunjung pada tiga hari pertama IIMS 2012 adalah dua Astra, yaitu Agya dan Ayla. Kemarin, Sabtu, pengunjung membeludak, membuat jalan di sekitar JIExpo macet. Dibutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan ruang parkir.
Dari pengamatan yang dilakukan oleh KompasOtomotif kemarin, mobil yang paling banyak dikerumuni adalah Astra-Daihatsu Ayla dan Astra-Toyota Agya. Lokasi kedua merek tersebut cukup jauh, yaitu Toyota di Hall D dan Daihatsu di Hall A, kendati berada dalam satu jalur.
 
Buka order
Kendati belum ada kepastian harga kedua mobil ini, ternyata para wiraniaga Toyota dan Daihatsu sudah membuka order atau booking sejak hari kedua pameran berlangsung. Calon pembeli pun bersedia merogoh kocek kendati mobil dijanjikan baru bisa diperoleh sekitar Januari dan Februari tahun depan.
 
Wiraniaga Daihatsu membuka booking fee Rp 1.000.000. Alhasil, menurut pihak Daihatsu, mereka sudah memperoleh 5.000 pesanan dalam dua hari. Informasi itu pun diperoleh pada pukul 14.00 WIB. Artinya, booking akan bertambah sampai pameran ditutup sampai pukul 22.00 WIB.
 
Sementara itu, Toyota membuka booking fee Rp 5.000.000 untuk Agya. Menurut seorang wiraniaga yang melayani calon konsumen yang tertarik dengan Agya, mereka pada hari kedua sudah mendapatkan order 3 unit. "Hari ini bertambah lagi," ungkapnya.

Ia tidak bisa menyebutkan total booking untuk Agya karena bukan kewenangannya memberikan informasi. Namun dikatakan, konsumen sangat antusias. Malah dijelaskan, order Agya pada pameran kali ini mengalahkan Avanza yang dikenal sebagai mobil sejuta umat oleh Toyota Indonesia.
 
Sepasang suami-istri separuh umur yang dijumpai KompasOtomotif saat melihat Agya kemarin, ketika ditanya mengapa tertarik dengan Agya, menjawab, "Harga dan konsumsi bahan bakarnya!"
 
Mungkinkah Agya-Ayla akan menjadi "next fenomenal car" di Indonesia; untuk mendapatkannya harus menunggu lama (inden sangat panjang)? Kita tunggu!

Si Legenda Kini Tampil Makin Gaya

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Astra Motor menghadirkan model baru, FJ Cruiser. SUV yang sempat jadi legenda di era 1960 - saat itu bernama FJ 40 - kini kembali dijual dengan sistem spot order (pesanan khusus). Desainnya kini lebih moderen dengan banyak lekukan garis bodi tanpa menghilangkan aura kokoh dan gagah.
“Toyota berharap dengan hadirnya a tough, strong, and smart work FJ Cruiser, dapat memenuhi keinginan pecinta setia mobil legendaris ini. Khususnya mereka yang membutuhkan kendaraan tangguh dan andal,” kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), di booth Toyota, JIExpo, Kemayoran, Jakartasiang tadi (23/9). Ditambahkan, SUV ini telah berhasil menaklukan 3 lokasi off-road paling ganas di Amerika.
Ciri khas
Tetap mempertahankan ciri khas FJ 40, yaitu lampu utama dan gril dengan tulisan Toyota di tengahnya. Hal yang sama, juga dilakukan dengan menggunakan atap keras berwarna putih. Sementara, interior mengikuti gaya masa kini, kepraktisan dan ruang yang lapang. Sebagian besar permukaan interior dilapisi karet yang dapat dicuci agar mudah dibersihkan usai menjelajah lintasan off-road, termasuk kain pelapis jok yang tahan air.
Setir dilengkapi dengan pengatur audio. Sedangkan di tengah dasbor, ditanam konektor USB, iPod dan Aux. Sistem infotainment yang dipasang juga bisa dihubungkan dengan berbagai gadget atau smartphone melalu Bluetooth.

Terdapat pula kompas, penunjuk suhu dan inklinometer yang menempel di atas dasbor tengah. Beberapa tombol didesain dengan dimensi besar untuk memudahkan pengoperasian saat menggunakan sarung tangan.
Untuk menggerakkannya, digunakan mesin V6 kapasitas 4,0 liter dual VVTi yang menghasilkan tenaga 200 PS dengan torsi 380 Nm.
Tersedia 2 model pilihan warna, two-tone dan monotone. Untuk dua warna, atap putih, dikombinasikan dengan bodi kuning, beige, biru, abu-abu metalik, hitam, hijau gelap dan biru abu-abu. Sementara untuk monotone, atap dan bodi satu warna, dengan pilihan putih atau merah.
"Untuk harga, saya belum tahu. Kemungkinan berkisar Rp 900-an juta. Karena spot order, unit baru diterima pembeli 2 sampai 3 bulan setelah dipesan," tutup Joko.
sumber: kompas.com

Agya Jadi Bintang Toyota

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil murah dan irit bahan bakar Toyota Agya yang akan dimasukkan dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC),  menjadi bintang. Hari ini (20/9) di IIMS 2012, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi memperkenalkannya kepada publik dan mampu menyedot banyak perhatian. Di booth Toyota yang terletak di Hall D JIExpo, telah mejeng lima unit Agya berbagai warna dan varian.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan meyebutkan bahwa tingginya permintaan untuk mobil dengan harga terjangkau membuat pihaknya terus berinovasi. "Kali ini kami menghadirkan Toyota Agya secara khusus bagi pengunjung IIMS. Nggak akan lama, mobil terbaru ini sudah bisa dinikmati," ujarnya.

Toyota Agya merupakan kolaborasi ketiga antara Toyota, Daihatsu, dan Astra International setelah Avanza-Xenia, dan Terios-Rush. Astra Toyota Agya sendiri didesain cermat untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia. Kata ”Agya” diambil dari bahasa Sansakerta yang artinya ”cepat”, yang berarti akan menjadi kendaraan lincah dan membuat pemakainya merasa enerjik.

Agya hadir dalam tiga varian, TRD-S, High-Grade (G), dan Medium-Grade (E) dengan pilihan warna putih, silver, hitam, abu-abu metalik, biru muda, dan warna ekslusif dark blue metallic.TRD-S dilengkapi dengan aerokit untuk memperkuat kesan sporty.  Sedangkan varian G menonjolkan eksterior yang dilengkapi krom pada lubang udara depan dan fender. Desain pintu dan spoiler belakang pun tampak beda dan lebih sporty. Yang menonjol adalah baris kedua yang menyediakan ruang kaki sangat lapang.

Sabar, karena saat ini Agya masih menunggu regulasi tentang LCGC yang akan dikeluarkan pemerintah. TAM pun belum resmi mengeluarkan harga. Hanya, salah satu tenaga penjualan dari Auto2000 yang ditemui KompasOtomotif sudah berani mengatakan bahwa Agya sudah bisa di-booking Rp 5 juta dengan kemungkinan pengiriman antara Januari-Maret 2013, dan harganya antara Rp 90-100 juta.

Selain Agya, TAM konsisten dengan tema "hijau" yang menghadirkan Prius dan Camry Hybrid. Di hari lain, Toyota FJ Cruiser juga akan di-launching dan bercokol di line up mobil mewah.
sumber: kompas.com
 
TOYOTA JOGJA. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.